Rabu, 08 Juli 2009

Kembali ke Bali

Photo by: Nafan Satriaji

Text by: Nafan Satriaji

_________________________________________________________________________________________________

Saya terakhir kali ke Bali sekitar tujuh tahun yang lalu, saat masih SD. Dua kali saya ke Bali, pertama bersama keluarga yang kedua bersama rombongan wisata SMA tempat ibu mengajar. Kalau saya tidak salah ingat, tempat yang saya kunjungi Kuta, Sanur, Tanah Lot, Garuda Wisnu Kencana hingga Danau Batur.

Beruntung. Kemarin kakak baru saja diterima untuk melakukan kerja praktek di Sayan, sebuah desa dekat Ubud, lebih tepatnya kerja praktek di Gaya Keramik. Akhirnya saya diajak untuk ikut kembali ke Tanah Dewata, dan saya berkesempatan untuk menggali Bali lebih dalam lagi. Siip...

***

Saya dan kakak memulai perjalanan ke Bali hari Selasa, 31 Juli 2009 pukul 5 pagi. Kami naik sepeda motor, lebih tepatnya kakak saya sendiri, sedangkan saya membonceng, hehehe...

Kalau di peta, Jember-Bali terlihat sepanjang penghapus pensil saja. Padahal jika disesuaikan dengan skala, Jember-Bali tak jauh beda dengan Jember-Jogjakarta. Saya jadi serba salah dengan kakak saya, mau saja sih menggantikan posisinya di depan. Tapi kalau saya yang mengendarai di depan, yang ada malah waktu perjalanan yang semakin lama, padahal tempat kos saja belum dapat.

Sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan yang memanjakan mata. Mulai dari jalan perbukitan antara Jember-Banyuwangi, daerah Taman Nasional Bali Barat, pemandangan pantai di sekitar Negara, hingga persawahan di daerah Tabanan. Namun sepanjang perjalanan saya tidak sempat mengambil gambar karena agak repot mengambil gambar dari sepeda motor.

Namun saya sempat mengambil gambar saat di pelabuhan Ketapang Gilimanuk. Silakan menikmati photoshoot saya:

Akhirnya sekitar pukul 2 siang kami tiba di Denpasar. Dibantu dengan dua orang kenalan kakak, kak Yoga dan kak Gusman, kami akhirnya mendapat kos di desa Sayan yang tak jauh dari tempat kerja praktek kakak.

Yup! hari pertama hanya diisi dengan perjalanan panjang dan kelelahan, dan saya harus beristirahat untuk mempersiapkan hari-hari berikutnya.