Minggu, 31 Mei 2009

Antara ProArt dan KotakCoklat 'ers of Every Month


Sekitar sebulan yang lalu saya membuat sebuah poster anggota ProArt. Poster ini merupakan peranakan dari waktu luang dan hasrat membuat desain karakter yang terpendam dalam waktu yang cukup lama. Butuh total sekitar tiga jam untuk membuat keseluruhan kasarnya. Secara teknik jujur saja saya hanya mengandalkan copy-paste. Tapi yang paling mengasyikkan, dalam membuat satu karakter saya berusaha mengingat karakter masing-masing setiap orang. Seperti Mega-Berto-Bimo yang matanya seperti orang mengantuk, Gabby yang memakai sweater, dsb.

Dan begitu selesai, saya merinding. Nggak nyangka bisa bikin poster sekeren ini! (maaf, ya! muji diri sendiri, nih. Hehehe...)


***

Saya sendiri baru bergabung di Divisi Produksi dan Artistik Equilibrium awal Januari 2009 lalu. Sebelumnya saya berada di Divisi Redaksi. Bisa panjang kalau saya harus menceritakan alasan melakukan perpindahan ini. Intinya dengan melakukan sejumlah pertimbangan, saya merasa bisa memberi kontribusi lebih besar dalam membangun Equilibrium melalui divisi ProArt.

Setelah bilang ke bos Iqbal (Pimpinan Umum), ternyata dia memberi saya sebuah free pass untuk masuk ke Divisi ProArt. Tanpa tes, tanpa magang. Horeee...!


Bergabung di Divisi ini menjadi pengalaman unik tersendiri bagi saya. Kebetulan saya dan teman saya, Gerry, menjadi Penanggung Jawab buletin EQ News yang terbit setiap bulan. Dari sini saya mengalami banyak hal. Lembur semalaman me-layout EQ News di rumah Mega (Pimpinan ProArt), mengedit bareng Will (PimRed),hingga dapet kritikan dan pujian soal layout. But, It’s fun! Saya sangat menikmatinya.


Bergabung di ProArt juga berarti bergabung dengan orang-orang yang hebat.


Sebagai contoh, saya sempat berbagi ilmu dengan Mega tentang cara membuat ilustrasi vektor. Guess what? Dua tiga hari kemudian dia langsung membuat satu ilustrasi vektor penuh yang membuat saya ngiler akan kedetailannya. Bos Mega memang hebat!


Tiga hari yang lalu Gerry bela-belain dateng ke kos saya jam 12 malem buat konsultasi Logo Equality yang elegan. Kita sih akhirnya cuma diskusi sebentar. Tapi melihat logo buatannya yang terbaru, boleh juga! Gerry itu sebenernya jago, sayang dia kurang wacana tentang desain. Coba dia lebih banyak lihat majalah desain seperti Concept, pasti langsung mantab! Begitu juga sama anak-anak desainer grafis yang lain (Putri, Wana, Lingga, dan saya). Yuk, kapan-kita diskusi informal bareng tentang desain...


Anak-anak fotografi sudah kaya Pro semua, tapi yang makin bikin salut, mereka masih mau terus belajar. Kagum aja lihat KinKin yang bela-belain ke Solo buat workshop tiga hari. Ajak yang lain, Kin! Semangat belajarmu oke punya!


Kalo dari ilustrator, paling kaget sama Berto. Dia cerita ke saya kalo dalam pembuatan ilustrasi dia selalu membaca habis artikelnya dan berusaha memahaminya, lalu ia menerjemahkannya ke dalam bahasa ilustrasi. Dan baginya menerjemahkan ke dalam Ilustrasi bukanlah perkara yang gampang. Yups, gue suka gaya lo! ProArt yang lain harus mencontoh Berto, ya!


Kadang ada satu-dua kali candaan kalau Divisi ProArt itu divisi kacung. Dari luar sih, kita ketawa aja. Tapi Bos Mega pernah bilang ka saya kalau ternyata candaan tersebut sempat nusuk.


Ya, sudah, kita cuma bisa membuktikan saja kalau Divisi ProArt itu bisa menjadi divisi yang profesional dan mandiri. Caranya? Ya dengan meningkatkan kinerja dan kualitas karya, dong! Bangga juga saat open house Equilibrium tadi malam bos Iqbal sempet bilang kalau sekarang divisi ProArt sudah mempunyai kekuatan baru... Yeah!


***

Oh, ya. Tadi malam saya mendapat anugerah EQ-ers of the month. Seneng? Ya, dong! Surprise? Nggak, soalnya bos Mega pernah keceplosan ngomong ke saya, hehehe... bos saya memang nggak beres!


Ada beberapa hal yang ingin saya bicarakan soal ini:

  • Sampai sekarang saya tidak tahu mengapa dapet penghargaan ini, jangan-jangan hasil kocokan...
  • Saya menerima penghargaan ini dengan rasa bersalah, karena saya terkadang masih suka bolos diskusi, membuat kotor EQ, melakukan kesalahan dalam membuat layout, hehehe...
  • Sayang banget para anggota dewan pengurus (DP) EQ tidak dapat menerima anugerah ini. Padahal kinerja mereka jauh lebih gila daripada saya. Jadi KotakCoklat akan memberikan mereka gelar KotakCoklat-ers of every month selama mereka menjabat sebagai DP Equilibrium. Khususnya buat bos Mega. Hehehe...
  • Kalau penilaian EQ-ers of the month berdasarkan kinerja awak EQ, pasti teman-teman dari dewan pengurus kebingungan karena teman-teman yang lain juga memiliki kinerja yang baik. Oleh karena itu kriteria penilaian pasti diubah dari kinerja menjadi ketampanan. Dan yang terpilih pun saya, hehehe...
***

Ah, saya jadi kembali teringat pada topik awal. Saya bisa masuk Divisi ProArt dengan menggunakan free pass dari Iqbal. Siapa coba yang tidak suka diberi free pass? Tapi saya sadar, bahwa di balik free pass tersebut termuat berbagai hal. Free pass tersebut adalah amanah sekaligus kepercayaan yang diberikan oleh Iqbal kepada saya. Dengan Free Pass tersebut juga sejumlah pihak mempertanyakan kredibilitas saya yang masuk divisi ProArt tanpa tes dan tanpa magang.

Tapi saya berharap, EQ-ers of the month yang saya terima bisa menjadi sebuah pembuktian, bahwa saya tidak akan pernah menyia-nyiakan free pass yang pernah bos Iqbal berikan kepada saya. Bahwa kepindahan saya bukan sekedar permainan, tetapi tulus ingin membangun EQ dari sisi ProArt.


Akhir kata, seperti yang tertera di poster, divisi ProArt memiliki kepanjangan baru:


When Professionalism meets aesthetics and creativity.


Dengan tiga aspek di atas, mari kita buktikan kalau kita bukan sekedar divisi kinchung, hehehe... (sori, kin!)

7 komentar:

kin2 ^^ mengatakan...

kyaaaa
jangan samakan kinchung=kacunG!
*walopun chung dari kinchung pun artinya sama dengan kacung *huhuhu aku sedih

btw divisi produksi solid abis saya senang skali berada di sana :D

Fu! mengatakan...

ciieh selamat yaa van! ah dulu aku pengen masuk eq tapi nggak jadi..

winda mengatakan...

siiip! :)

only amalia. mengatakan...

haduhhh mas...
emm.. kayaknya eq'ers of the month itu kocokan deh. haha ga, bercanda. selamat ya mas navannn :))

aklam mengatakan...

hoho curcol neh ceritane, curhat colongaaannnn...
bun ayo review nasgor gulung!

Dzulfan mengatakan...

Bun... postinganmu ini terlalu sayang untuk dilewatkan. jadi kasi ke linknya aja ke anak2 laen. coz smangat nabun !!!!

btw EQ'ers of the month bkn hasil kocokan koq, tapi PSDM hom pim pah hahaha...

ianthehedonist mengatakan...

cieeeeeeehhh... yang EQers of the month. selamat ye...

work ethics and drive is so... you know what lah.

hahaha

*baca comment atas*

nasgor gulung se-enak itu yo??!! penasara ah. walaupun aq ga suka nasi di-minyak-in