Senin, 07 September 2009

Sumba in Lost

Pulau Sumba versi "Lost"

Saat ini saya sedang tergila-gila dengan serial tv Lost. Dan akhirnya saya kemarin telah sampai di episode akhir season 4. Dan ternyata di situ nama Indonesia disebut-sebut.


Jadi ceritanya, setelah berjuang selama 100 hari di sabuah pulau terpencil di samudra pasifik, enam orang survivors dari Ocean Flight 815 akhirnya berhasil mendapat pertolongan. Tapi karena satu dan lain hal yang cukup complicated, mereka sepakat membuat suatu kebohongan. Mereka pun memanipulasi seolah-olah selama ini mereka terdampar di pulau Membata yang tak berpenghuni dan berhasil menuju ke pulau Sumba, Indonesia. Tepatnya di desa Manukangga.

Peta saat konferensi pers

Sementara detik-detik saat mereka tiba di desa Manukangga, Sumba, dapat dilihat dari potongan-potongan film berikut:


Anak Sumba versi "Lost"

Nelayan Sumba versi "Lost"

Suasana desa Manukangga versi "Lost"

Penduduk berlarian

Menyelamatkan The Survivors

Oceanic Six Survivors (dari kiri): Jack Shepard, Hurley 'Hugo' Reyes, Kate Austen (+Aaron), Sun Kwon, dan Sayyid Jarrah.

Saya sendiri cukup ragu apakah pengambilan gambar dilakukan di desa Manukangga di Pulau Sumba atau hanya settingan saja. Penduduknya pun terlihat kurang “Indonesia”. Tapi sesaat terdengar beberapa kata yang tidak asing di telinga saya, seperti “Cepat Kemari” dengan logat huruf ‘e’ pada ‘enak’. Sisanya hanya kata-kata yang tidak begitu jelas.

Saya sendiri belum pernah ke Sumba. Apakah mungkin orang-orangnya seperti yang saya lihat dan berlogat sama di Serial Lost. Sementara itu Pulau Membata sendiri katanya hanya pulau fiktif dalam serial Lost. Tidak benar-benar ada di Indonesia.

Terlepas dari itu, asyik juga mendengar Indonesia diseret-seret di serial favorit saya. Saya jadi punya impian baru. Saya ingin sekali pergi ke desa Manukangga di pulau Sumba. Bukan karena keindahan alamnya, bukan juga karena ketertarikan budaya. Tetepi alasan utama adalah karena daerah ini pernah-diseret-seret dalam serial tv Lost. Itu saja! Hehehe...
___________________________________________________________________

Sekedar informasi, katanya film Eat, Pray, and Love (yang diangkat dari buku berjudul sama) akan melakukan proses syuting di Bali dan akan tayang pada 2010 nanti. Pemerannya antara lain Julia Roberts dan Brad Pitt.

Gambar-gambar dari postingan ini hak cipta ABC.

12 komentar:

Journal Kinchan mengatakan...

wah, sumba ya. ada di list wajib kunjung ku di masa depan tuh.
temenku ada yang baru aja pulang ekskursi di sumba (arsitektur UI) dan bentuknya kayak KKN gitu. brapa minggu gitu lupa.
aku liat foto-fotonya...
beuuuuh....
padang rumput..
sabana stepa...
bukit..
pantai pasir putih..
jalanan panjang yang lapang...
ilalang...
perumahan tradisional penduduk..

pokoknya oke banget.

bareng yok kesananya? =p

eh bukannya kakaknya mas nabun pernah ke sumba ya?


btw orang indonesia yang di film LOST malah muka-muka thailand filipina gitu ahahaha

ria krisna mengatakan...

Kayaknya itu bukan sumba deh
*sotoy* hahaha
klo orang2nya juga kayaknya bukan. beda ma yang di foto teman di sumba. itu malah kayak vietkong2 gitu. hihi.
wah.. senangnya indonesia disebut2..

Navan mengatakan...

Iya tuh... sepertinya orang2 Indonesia di Lost macem KinKin semua... hehehe..

Ayos Purwoaji mengatakan...

keknya pulau membata itu beneran ada deh bun, aku pernah denger itu disebut-sebut.
kalo lokasi syutingnya sih aku pikir bukan di Indonesia lah, orang-orangnya juga nggak banget..
hehhee

Fu! mengatakan...

hehe lost emang asik tapi aku ga pernah ngikutin penuhh..
entah kenapa..

btw eat pray love ada bukunya lho, aku lagi baca tapi ga selesai2.. mgkin cocok fan buat kamu soalnya waktu di italia isinya makanan semua

Navan mengatakan...

@ mas ayos
kalo "lembata" sih ada...

@fu
aku cuma tahu eay pray love via oprah saja... :(

NDoo mengatakan...

filmnya jangan dapus bun mau liat, trus terjmahannya gmana, apik?

amalia insan kamil mengatakan...

saya jadi ingat akan sebuah film telenovela atau semacamnya apalah itu yang settingnya di laut. hihi.

sumba sumba sumba.
polau komodo. manokwari.

rasanya ingin punya banyak uang :(

Anonim mengatakan...

saya kira kau yang memfoto bun.

saya rindu kosan kita.. cih

yosay aulia mengatakan...

menyenangkan ya ternyata jadi orang indonesia. there's so much amazing place we've never been before.

queen.B mengatakan...

wahaha seruu yaaa. gw mau aah kapan2 klo ada casting buat film Lost lagi gw ikuuut.
btw, Eid mubarak! mohon maaf lahir batin ya navaaan:))

Rambu Karera mengatakan...

Sebagai orang sumba,tuh benar2 bukan di Sumba.
orangnya juga bukan orang Sumba..
hehehhehe...